You are on page 1of 6

ARCHIMEDES SCREW PUMP

(POMPA ULIR ARCHIMEDES)

Oleh :
Ketua : Yongki Andita Aiman Anggota : 1. Sundus Ghaida Noor Azizah 2. Muhammad Rifai 3. Achmad Arif Mulyana 4. Rheza Yusuf Hadikusuma

TUJUAN dan KEGUNAAN


Archimedes Screw Pump sebagai alat peraga yang digunakan untuk memindahkan air yang bervolume besar dengan tenaga minimal dari suatu tempat yang rendah ke tempat lain yang lebih tinggi berdasarkan hukum Archimedes.

Deskripsi Produk

Archimedes screw pump ini dibuat dengan menggunakan instrumen-instrumen yang sederhana. Instrumen-instrumen tersebut diantaranya : 2 buah ember 1 buah tiang statif 1 buah pipa silinder yang dililitkan selang 1 buah motor listrik DC

Cara kerja dari archimedes screw pump ini adalah sebagai berikut :

Pipa silinder diposisikan dalam keadaan miring, dengan ujung di bagian bawah diletakkan dalam ember dan ujung bagian atas disangga oleh tiang statif. Dengan menggunakan motor listrik DC, pipa berputar searah dengan arah lubang selang sehingga air dalam ember masuk dan mengalir di dalam selang.

DAFTAR PUSTAKA
Cheremisinoff, Nicholas P. dan Paul N. Cheremisinoff. 1992. Pompa dan Pemompaan Operasi. Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc. Giancoli. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga. Halliday dan Resnick. 1998. Fisika Jilid 1. Jakarta: Erlangga.