You are on page 1of 6

A RCHITECTURE D ESIGN

The Liquid Mosque

Masjid telah menjadi bagian dari kehidupan umat muslim di dunia, Masjid menjadi suatu tempat ibadah maupun tempat berkumpul dan bersosialiasasi. Disini saya akan merancang komplek Masjid di Jogjakarta untuk 50 tahun kedepan yang dikelilingi pusat perkantoran dan diiringi perkembangan penduduk. Sehingga diprediksikan dan kita akan mengahadapi isu krisis lingkungan salah satunya yaitu kelangkaan air bersih di tahun 2060. Menanggapi hal diatas Komplek Masjid ini harus dapat menjadikan awal perencanaan bangunan yang menanggapi krisis air bersih di tahun 2060, sehingga dapat diikuti oleh bangunan sekitarnya. Penerapan pada rancangan yaitu dengan pengaplikasikan sistem pengolaan air bersih sehingga setiap bangunan dapat mengelola air kotor dan air hujan menjadi air bersih, dan pada bentuk bangunan dan landscape di desain dari hasil aplikasi bentukan air yang diharapkan dapat menjadikan simbol akan pentingnya air bersih di kehidupan manusia. Di komplek Masjid ini terdapat 3 bangunan dan yaitu Masjid, Bangunan pendidikan, Bangunan Komersial dan Open space seperti Sport Area dan Taman. Sepesifikasi Umum Proyek

Komplek Masjid luasan SITE 3000 square meter Fungsi Komplek sebagai tempat beribadah dan pendidikan sekaligus sebagai sarana interaksi sesama manusia Lokasi SITE lapangan Stadion Kridosono di Kota Baru, Yogyakarta.

Bangunan Masjid teridiri dari 2 lantai dengan Luasan 2500m dengan kapasitas 3500 orang. Bentukan masjid merupakan dari ekspresi bentuk tetesan air.

Luasan bangunan 1500m 3 lantai dengan Bentuk bangunan mengikuti pola bentukan air yang fleksible. Desain ruang kelas juga memiliki 3 bidang bukaan sehingga dapat memanfaatkan view dari bangunan ketaman.

Bangunan Komersial merupakan bangunan pendukung. Pada bangunan Komersial terdiri dari 2 lantai dengan luasan 1200m Yang memfasilitasi, Food Courd Area dan penjualan busana Muslim. Pada Area Food courd didesain bukaan yang besar sehingga terjadi interaksi dengan area play ground.

Entrance Banguan menuju Bangunan Masjid yang disambut menara Masjid dengan ketinggian 33 meter

Suasana Sport Area sekaligus menjadi area interaksi dan meminimalisasi area parking agar memperluas area hijau

Bird eye dari arah Barat daya ini menunjukan Pola landscape mengikuti bentuk bangunan

Bentuk masa Bangunan dan Pola Landscape mengingatkan kita akan pentingnya Air Bersih

Setiap sisi Komplek Masjid memiliki bentukan yang berbeda tapi menanamkan karakter yang sama dan tetap tidak menurunkan kualitas rancangan.

UNIVERSITAS TEKCNOLOGY YOGYAKARTA

TUGAS METOVER

NAMA:FRENGKY.KAMBESU NOMOR.MHS:5105211036